PAgA FHUA – Padang, Tim Peneliti PAgA Fakultas Hukum Universitas Andalas yang terdiri dari peneliti senior dan peneliti muda mengadakan konsinyering persiapan laporan akhir penelitian tentang UU Cipta Kerja di Hotel Grand Zuri Premiere Padang, pada 28 – 31 Oktober 2021.
Penelitian tentang UU Cipta Kerja ini merupakan skema Penelitian Kompetitif kerjasama Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi se-Indonesia tahun 2021. PAgA Fakultas Hukum Universitas Andalas sebelumnya telah mengusulkan proposal penelitian sejak April 2021 dan berkesempatan lulus dalam tahapan proses seleksi proposal yang telah diadakan Mahkamah Konstitusi.
Penelitian ini mengusung judul “Implikasi UU Cipta Kerja Terhadap Administrasi Pemerintahan dan Penyelesaian Sengketa Administrasi Berdasarkan Konsepsi Negara Hukum. Implikasi dari diundangkannya UU Cipta Kerja terhadap persoalan administrasi pemerintahan dan kaitannya dengan proses penyelesaian sengketa adminitrasi negara secara dalam diulas dalam penelitian ini. Pasalnya, kehadiran UU Cipta Kerja berakibat pada berubahnya beberapa kaidah hukum administrasi negara, yaitu perluasan pemaknaan konsep diskresi dan perubahan model konsep fiktif positif.
Selain itu, persoalan lainnya ialah UU Cipta Kerja merupakan gabungan dari banyak UU yang kemudian dijadikan satu dalam UU. Terdapat 11 klaster dengan isi 174 pasal, dan menampung 79 UU multisektor.
Konsinyering persiapan laporan akhir penelitian yang diadakan selama empat hari ini fokus menyusun laporan sesuai sistematika penulisan. Tidak hanya itu, teori dan substansi penelitian pun juga sangat ditekankan dan diperdalam guna mencapai kualitas penelitian sebagaimana diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *